Semarang – Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Quatly Abdulkadir Alkatiri menerima kunjungan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) di ruang Wakil Ketua DPRD Jateng, Gedung Berlian pada Senin (18/3/2024). Kunjungan tersebut dilaksanakan oleh lima orang mahasiswa dengan tujuan meminta inspirasi, dan saran terkait perkembangan pendidikan di Jawa Tengah.

Dalam kesempatan penerimaan kunjungan tersebut, Quatly berbagi pengalamannya selama belajar di luar negeri, yakni di salah satu universitas di Jerman. Dirinya menyampaikan bahwa kualitas pendidikan di Jerman begitu baik dan ideal untuk membentuk habituasi belajar, mengasah skill dan mengembangkan pola pikir serta keilmuan.

Kendati mayoritas negera di Eropa memang telah memiliki kualitas pendidikan yang luarbiasa baik, namun Quatly sangat merekomendasikan mahasiswa Jawa Tengah untuk melanjutkan studi di Jerman lantaran banyaknya manfaat yang akan didapat.

“Kualitas pendidikan di Jerman sangat baik, teman-teman Mahasiswa hendaknya bisa melanjutkan studi di sana”, ujar Quatly.

Lebih lanjut, Quatly menyampaikan bahwa ilmu, skill, serta pengalaman menimba ilmu di Jerman dapat membentuk pola pikir penyelesaian masalah yang baik sehingga begitu bermanfaat dalam peran pembangunan Provinsi Jawa Tengah. Quatly percaya, Jawa Tengah memerlukan generasi muda dengan ilmu dan wawasan yang luas serta bijaksana untuk menyelesaikan segala permasalahan dan memajukan Provinsi Jawa Tengah.

“ilmu, skill, dan pengalaman itulah yang kemudian membentuk pola pikir dan skill penyelesaian masalah, Tentunya itu sangat berguna dalam kontribusi membangun Jawa Tengah di masa yang akan datang” jelas Quatly.

Berkaitan dengan pembangunan Provinsi Jawa Tengah, rombongan mahasiswa Unnes tersebut turut mendiskusikan perihal perkembangan UMKM di Jawa Tengah beserta tantangannya. Mereka meminta saran dan pendapat dalam meningkatkan kualitas UMKM di Jawa Tengah.

“Saat ini UMKM di Jawa Tengah berjumlah 4,2 juta menurut data Dinas Koperasi dan UMKM Jateng. 187.000 diantaranya telah dibina oleh Dinas Koperasi dan UMKM Jateng. Saya melihat di dalamnya banyak sekali anak muda”, ucap Quatly.

Quatly menegaskan bahwa peluang anak muda di dunia UMKM sangat terbuka lebar. Terlebih lagi saat ini, generasi muda memiliki karakteristik adaptif dan begitu dekat dengan perkembangan teknologi serta bersosial media. Hal tersebut tentunya begitu bermanfaat untuk mendukung teknis dan manajemen pengelolaan hingga meningkatkan networking.

Meski didukung banyak kemudahan teknis, politisi asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut tetap menekankan pentingnya memperbaiki hubungan spiritual mahasiswa kepada Allah S.W.T.

“Selain itu, Mahasiswa juga harus selalu mengasah kemampuan dan memperbanyak ibadah kepada Allah Swt. Karena dengan beribadah maka Allah akan memberikan jalan atas segala kesulitan dalam berkuliah”, jelas Quatly.

Silaturahim tersebut ditutup dengan motivasi enterpreneurship demi kemandirian dan kemajuan Jawa tengah.

Sumber:

Inspirasi Mahasiswa, Quatly Sharing Pengalaman Studi di Jerman & Diskusikan Nasib UMKM Jateng