Surakarta – Bulan Ramadhan tak sekedar bulan puasa bagi umat Islam, lebih dari itu bulan suci tersebut merupakan pelajaran bagi seluruh umat manusia serta anugerah Allah bagi muslimin atas terbukanya pintu ampunan, lipatganda pahala dan limpahan keberkahan. Oleh karenanya kesempatan mulia ini tak boleh dilewatkan tanpa maksimalitas ibadah dalam rangka ketakwaan.

Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, Quatly Alkatiri menyampaikan pentingnya memaksimalkan ibadah dalam rangka peningkatan keimanan dan ketakwaan selama bulan suci Ramadhan. Hal tersebut Ia sampaikan dalam kesempatan tausiyah Islami yang diselenggarakan oleh Majelis Taklim Al Furqon Mojo RT 2 RW. 01.

Dirinya menyebut, bulan suci Ramadhan adalah kado terindah dari Sang Khalik. Hal tersebut lantaran hanya pada bulan tersebutlah ampunan begitu luas dan seluruh kebaikan dilipatgandakan sedemikian besar seolah ribuan tahun kesempatan beribadah. Oleh karenanya memaksimalkan ibadah dengan sungguh-sungguh mampu mengakselerasi keimanan dan ketakwaan seseorang.

“Momen bulan Ramadhan ini hadiah terindah dari Allah, bagaimana tidak, beribadah di bulan ini, baik itu puasa, tilawah, qiyamul lail, sedekah semua pahalanya luar biasa berlipat, ampunan Allah-pun begitu luas. Ibaratnya seperti menjalani ibadah ribuan bulan saking besarnya pahala. Itulah mengapa bulan ini adalah kesempatan akselerai keimanan dan ketakwaan” jelas Quatly.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut menambahkan bahwa kesempatan tersebut tak boleh dilewatkan begitu saja sama seperti bulan-bulan sebelumnya atau bahkan lebih buruk dari itu. Dirinya menyampaikan bahwa Ramadhan sebaiknya diisi dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti belajar, meningkatkan kapasitas diri, memaksimalkan ibadah wajib dan sunnah, hingga memperbanyak bersedekah.

“Kesempatan ini karunia Allah, tak boleh disia-siakan apalagi kok sampai dijalani dengan lebih buruk dibanding bulan-bulan sebelumnya, sayang sekali kan belum tentu tahun depan bertemu lagi. Oleh karena itu isilah hanya dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti menuntut ilmu, maksimalkan ibadah wajib dan sunnah, hingga perbanyak sedekah” imbuh Quatly.

Dalam tausiyah yang disampaikannya kali itu, Quatly juga menyampaikan kisah inspiratif Rasullulah S.A.W. beserta para sahabat dalam berdakwah, berumah tangga, hingga mendidik anak. Dirinya berharap kisah tersebut  dapat menjadi landasan dan isnpirasi masyarakat dalam mendidik keluarga terutama anak-anak.

“Saya berharap kita semua khususnya ibu-ibu majelis taklim Al Furqon selalu menjadikan Rasullulah Saw sebagai teladan khususnya dalam berumah tangga dan mendidik anak di rumah”, tuturnya.

Sementara itu, acara tausiyah tersebut dihadiri oleh ibu-ibu dan remaja putri di lingkungan sekitar masjid. Para jamaah tampak antusias menyimak pembahasan. Quatly sendiri menyampaikan apresiasi luarbiasa kepada seluruh pihak yang telah menyelenggarakan kegiatan Tausiyah Ramadhan dan berharap kegiatan ini juga turut dicontoh oleh pengurus Takmir lainnya.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat terlebih lagi diselenggarakan di Bulan Suci Ramadhan. Semoga kegiatan terus diselenggarakan di luar bulan Ramadhan”, tutupnya.

Sumber: https://jateng.pks.id/2024/03/19/quatly-ajak-masyarakat-tingkatkan-kualitas-iman-dan-takwa-selama-bulan-ramadhan/