Quatlyalkatiri.com,- Angka kemiskinan Jawa Tengah di tahun 2023 menyentuh 10,7% atau 3,79 juta jiwa. Dari 10,7% terdapat 1,1% terkategori kemiskinan ekstrem. Hal ini disampaikan oleh Quatly Alkatiri pada kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah pada Jumat(22/3/2024).
Politisi PKS ini berharap Pemerintah melalui Dinas Sosial dapat terus mengentaskan masalah kemiskinan,menyalurkan BLT kepada masyarakat yang membutuhkan dan berbagai program lainnya.
Quatly menambahkan bahwa,”Penurunan angka kemiskinan ekstrem harus terus dilakukan. Saya bersyukur pemerintah mendapatkan insentif fiskal senilai 5,79 miliar rupiah yang dapat digunakan untuk penurunan angka kemiskinan di Jawa Tengah”, ungkapnya.


Insentif Fiskal diberikan oleh pemerintah pusat kepada Provinsi yang berhasil menurunkan angka kemiskinan yang terjadi di daerah. Dari 38 Provinsi hanya 7 Provinsi yang mendapatkan pembiayaan tersebut.
“saya berharap target pemerintah Jateng untuk menurunkan angka kemiskinan ekstrem menjadi 0% di akhir tahun 2024 dapat diwujudkan”, tambahnya.
Guna mencapai hal itu, beliau berharap Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah dapat berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait agar kesejahteraan masyarakat terus meningkat.