Surakarta – Usai pemilihan umum (Pemilu) Calon Presiden-Calon Wakil Presiden beserta Cal0n Anggota Legislatif. Masyarakat kembali akan menyambut pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada/Pilkada) yang akan dilaksanakan secara serentak oleh masing-masing daerah di seluruh Indonesia. Sederet upaya persiapan telah dilaksanakan dengan baik, oleh karena itu masyarakat dihimbau untuk tetap menjaga semangat demokrasi dan kedamamian hingga pelaksanaan Pilkada pada 27 November mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Quatly Abdulkadir Alkatiri pada selasa (19/3/2024) secara live di Stasiun TATv Surakarta. Acara talkshow politik yang menghadirkan berbagai narasumber tersebut mengupas kesiapan Pemerintah dan masyarakat dalam menyongsong Pilkada dengan tajuk “Kesiapan menghadapi Pilkada Serentak di Jawa Tengah”.

Topik tersebut memang tengah menjadi trending isu atau perbincangan hangat di seluruh kalangan masyarakat dan elit politik saat ini lantaran bergulirnya informasi pelaksanaan hingga hasil penyelenggaraan serta pengawasan Pilpres-Pileg februari lalu. Selain itu, masyarakat cenderung menaruh perhatian dan ekspektasi yang cukup tinggi terhadap penyelenggaraan pilkada yang akan digelar sebentar lagi.

Mengenai hal tersebut, Quatly menyampaikan bahwa persiapan Pilkada tengah terselenggara dengan baik

“Persiapan Pilkada serentak saat ini sudah baik. Dalam hal anggaran , Pemerintah bersama instansi terkait seperti KPU & Bawaslu serta disaksikan DPRD telah menandatangani NPHD pada 15 November 2023. Total keseluruhan dana hibah mencapai 985.326.500.000 rupiah”, papar Quatly.

Dirinya melanjutkan bahwa keseluruhan dana hibah tersebut akan dialokasikan sesuai porsi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Dari total dana 985.326.500.000 rupiah akan diberikan kepada KPU sebesar 791.608.630.000 rupiah sementara 193.717.870.000 rupiah akan dialokasikan untuk Bawaslu Jawa Tengah.

Politisi senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut juga menjelaskan bahwa, dana hibah sudah dicairkan 40% pada tahun 2023 yang bersumber dari APBD Perubahan tahun 2023 dan 60% berasal dari APBD tahun 2024.

Dirinya berharap terjalin komunikasi yang baik antara KPU dan Bawaslu untuk menghindari terjadinya kepincangan dalam penyelenggaraan Pemilu.

“Saya juga berharap Pemerintah khususnya KPU dan Bawaslu untuk terus berkomunikasi guna menghindari berbagai kepincangan penyelenggaraan Pemilu yang selalu terjadi baik dalam hal data pemilih tetap (DPT) dan masih banyak lagi”, ungkapnya.

Di akhir sesi talkshow, Quatly juga berharap agar semua pihak untuk terus menjaga kedamaian dan menyambung silaturahim karena pesta demokrasi Pemilu Presiden dan Pilcaleg telah berakhir.

“Saya menghimbau kepada masyarakat untuk terus menjaga kedamaian dan keamanan di tengah-tengah masyarakat. Pilpres dan Pileg telah selesai, marilah kita menyambut dengan baik Pilkada serentak dengan aman, damai dan tentram”, tutupnya.

Sumber:

Quatly Optimis Pilkada Serentak Berjalan Aman & Damai