Surakarta – Berbagi ilmu dan pengalaman hendaknya dilakukan oleh semua orang. Hal itu pula yang turut dilakukan oleh Quatly Alkatiri selaku Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah di SMAN 9 Surakarta pada Selasa, (21/11/2023).

Melalui program “Wakil Rakyat Mengajar”, Politisi PKS ini berbagi ilmu yang bermanfaat kepada siswa SMAN 9 Surakarta. Dalam kesempatanya beliau memaparkan pentingnya memahami empat pilar dalam berbangsa dan bernegara.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan pilar-pilar dalam berbangsa dan bernegara kepada para siswa  agar mereka memahami tujuan dalam bernegara”, tutur Quatly.

Pemahaman empat pilar kepada siswa juga akan memberikan tugas dan tanggung jawab siswa sebagai bagian masa depan yang sangat penting dalam negara ini. Meningkatnya angka kriminalitas yang sebagian besar pelakunya adalah pelajar maka pilar-pilar bangsa rasanya penting adanya.

Sementara itu, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melaporkan, bahwa setidaknya terdapat 137.419 kasus kejahatan yang terjadi di Indonesia selama periode Januari-April 2023. Jumlah tersebut meningkat 30,7% dibanding Januari-April tahun lalu.

“saya melihat materi ini untuk dipahami oleh setiap siswa di Surakarta. Merekalah anak-anak bangsa yang akan melanjutkan pembangunan  bangsa ini”, ungkapnya.

Program ini menjadi program kedua di Surakarta. Kegiatan ini juga direspon positif oleh para siswa dan guru. Mereka juga berharap agar kegiatan semacam ini dapat diselenggarakan lagi di lain waktu.